MEMAJUKAN TIMING PENGAPIAN

Pernah bahas cara irit bensin dengan memajukan timing pengapian. Pas buat motor yang nenggak Premium yang beroktan rendah. Karakternya mudah terbakar lantaran tidak tahan kompresi namun daya rambat pembakaran telat. Untuk itu perlu letikan api busi lebih awal. Waktu pengapian harus advanced. Kini ada cara mudah bikin advanced. ”Yang dimajukan tonjolan atau sensor pulser di magnet. Biasanya menambah panjang pakai besi yang dilas. Bikinan saya cukup menanam potongan baut di lubang berulir di depan tonjolan. Kalau ingin kembali standar masih bisa,” tanggap Chandra alias The Chiank dari Bandung Motor, Garut, Jawa Barat. Buat awam, trik ini bisa dilakoni tapi juga harus paham sistem pengapian yang dianut. Kan memajukan waktu pengapian lewat tonjolan magnet tergantung CDI yang dipakai. Apakah harus dimajukan 4 mm, 8 mm atau lebih panjang lagi seperti dilakukan pada Suzuki Thunder 125. Makanya biar tidak salah dan motor tetap enak dipakai, Chiank menggunakan baut 12 yang ditanam di lubang berulir tadi. Maksudnya bila lebih enak maju 4 mm, diameter baut asli 8 mm dipotong setengahnya. Tapi kalau majunya 16 mm tinggal bikin satu lagi di depan (gbr. 1). Kemudian agar baut tambahan tadi tidak gampang lepas, lebih dulu bikin lubang pakai mata bor 10 mm tipe tajam dan tumpul agar dalam lubang tampak rata. Berikutnya, lubang tadi ditap supaya ada ulirnya. Juga dengan mata tap tajam dan tumpul (gbr. 2). Proses terakhir, baut 12 tadi dimasukkan ke lubang ulir sambil diberi lem pengeras agar lebih kuat mengikat (gbr. 3). ”Jangan lupa kencangkan pakai kunci ring, sebelum dipotong hingga sejajar permukaan tonjolan magnet bawaaan motor. Caranya gunakan gerinda atau mesin bubut