Sabtu, 24 April 2010

bore up

 OTOMOTIFNET - Semakin besar volume silinder tentu tenaga yang dihasilkan semakin besar pula. Untuk memperbesar volume, langkah paling mudah adalah menggedekan diameter piston alias bore-up.

“Daripada memanjangkan langkah piston, yang dikerjakan jauh lebih banyak dan ribet, pakai kit bore-up kebanyakan bisa PnP, perubahan ada tapi sedikit,” terang komeng yg punya markas di sebrang mesjid al jihad amuntai(kal_sel). 

Kit bore-up terdiri dari blok, piston, ring piston, pin piston dan kancingnya, ada juga yang beserta pakingnya. Namun tidak semua jenis motor tersedia kit bore-up-nya.

Skutik 
Jenis motor ini paling banyak tersedia kit bore-up-nya, terutama skutik lansiran pabrikan Yamaha; Mio dan Nouvo. Hal ini menurut Komeng karena, “Jarak antar baut blok mesin lebar, memungkinkan untuk menanam boring yang besar, sehingga piston besar pun masuk dengan leluasa.” 

Di pasaran kit bore-up untuk skutik Yamaha tersedia dari ukuran piston 58 mm, 63,5 mm bahkan yang lebih besar pun ada. Merek yang menyediakan pun banyak. 

Skutik lansiran Suzuki seperti Spin dan Skywave pun ada kit bore-up-nya, kendati seher yang bisa masuk tidak sebesar pada skutik Yamaha, “Bila tanpa membesarkan lubang crank case bisa pakai ukuran 58 mm, pakai piston Thunder 125 oversize 100,” terang Komeng dari cv brantak motor sport . 

Beda dengan nasib skutik lansiran Honda, Vario, yang mesinnya berpendingin air, sehingga, “Untuk main bore-up jadi terbatas, selain terbatas oleh sempitnya jarak antar baut blok juga terkendala adanya water jacket.

Namun jangan khawatir, ada juga kok kit bore-up-nya, pakai piston 58,5 mm, tapi dengan ukuran ini lubang crank case harus diperbesar,” ungkap Komeng lagi.  

Bebek dan Sport 
Motor bebek dan sport paling susah ditemukan kit bore-up-nya. Namun tetap ada, hanya saja tidak semua merek tersedia. Berbahagialah bagi pemilik bebek dan sport lansiran Yamaha, Jupiter MX dan V-Ixion yang memang basis mesinnya mirip. “Tersedia kit bore-up dengan piston 60 mm, sehingga bila dipasang volume silindernya mencapai 163,6 cc,” imbuh Komeng. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar